Kanal

Bea Cukai Jalin Kolaborasi Dukung Pemberdayaan UMKM

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Berdasarkan siaran pers yang dirilis Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, disebutkan bahwa UMKM merupakan salah satu engine perekonomian nasional yang berkontribusi 60,51 persen terhadap PDB dan mampu menyerap hampir 96,92 persen dari total tenaga kerja nasional. 

Mengingat pentingnya UMKM ini, Bea Cukai berkolaborasi dengan kementerian dan lembaga lainnya untuk mendukung pemberdayaan UMKM agar dapat naik kelas.

“Program dukungan UMKM ini diwujudkan melalui kerja sama yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan Sumsel (Sumatra Selatan) dan Kanwilsus (Kantor Wilayah Khusus) Bea Cukai Kepulauan Riau,” ujar Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar.

Kepala Kanwil Bea Cukai Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel), Sugeng Apriyanto, selaku Ketua Pokja UMKM Kemenkeu Sumsel, ikuti peresmian Pasar Bedug Ramadhan 2024 yang dilaksanakan di Rumah Kreatif Kemenkeu Satu Sumsel, pada Rabu (20/3/2024).

“Pasar Bedug Ramadhan 2024 ini akan dilangsungkan hingga 5 April 2024,” ujar Sugeng.

Baca Juga  Heru Dituntut Selesaikan Polemik Kampung Bayam dalam Dua Hari atau Dimarahi Jokowi

Sugeng mengungkapkan bahwa Pasar Bedug Ramadhan adalah kolaborasi Kemenkeu Satu Sumsel dengan), Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II (LLDIKTI) dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. 

Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang pameran produk UMKM, tetapi juga menandai upaya konkret implementasi magang berbasis kurikulum merdeka (MBKM) dengan mengakomodasi rekognisi dan konversi nilai bagi mahasiswa serta dosen untuk terlibat dalam kegiatan dengan mitra pemerintah, dunia usaha, dan dunia industri.

Sementara itu, di Karimun, Kanwilsus Bea Cukai Kepulauan Riau dan Bea Cukai Tanjung Balai Karimun menyelenggarakan focus group discussion (FGD) paguyuban UMKM Kabupaten Karimun, pada Selasa (26/03). Kegiatan tersebut berfokus dalam diskusi untuk pemberdayaan UMKM di Kabupaten Karimun.

Kolaborasi ini adalah langkah Bea Cukai untuk mendukung perkembangan UMKM baik dari sisi produksi maupun pemasaran. Peningkatan produksi dan pemasaran dalam negeri dapat menjadi pengendalian inflasi agar daya beli masyarakat dapat terjaga. Peningkatan ini juga dapat menjadi sarana UMKM untuk naik kelas memasarkan produk ke luar negeri.

Baca Juga  Istri HRS Meninggal, Jenazahnya Dimakamkan di Megamendung Besok

Facebook Comments

Back to top button