Arena

PSSI Kebut Proses Naturalisasi Dua Pemain Eredivisie Jelang Laga Kontra Irak

PSSI sedang berupaya keras untuk menyelesaikan proses naturalisasi dua pemain keturunan, yang diharapkan bisa bergabung dengan Timnas Indonesia dalam rangkaian pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak dan Filipina pada Juni mendatang.

Anggota Eksekutif Komite (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, menyampaikan harapan tersebut tanpa menyebutkan identitas kedua pemain. 

“Kita berharap bisa segera menyelesaikan proses naturalisasi dua pemain yang saat ini sedang kita proses, sesuai dengan instruksi dari Pak Ketum (Erick Thohir),” ujarnya di Jakarta Pusat, Selasa (2/4/2024).

Spekulasi mengenai identitas kedua pemain itu mengarah pada Ole Romeny, penyerang FC Utrecht, dan Calvin Verdonk, bek sayap NEC Nijmegen. Kedua pemain tersebut telah mengonfirmasi bahwa mereka telah dihubungi oleh PSSI untuk menjalani proses naturalisasi.

Namun, Arya masih enggan mengkonfirmasi spekulasi tersebut secara langsung. Menurutnya, proses naturalisasi baru bisa dikatakan berjalan ketika kedua pemain tiba di Indonesia untuk menjalani serangkaian tes kesehatan dan persyaratan administratif lainnya.

“Kami sedang mencari waktu yang tepat agar mereka bisa datang ke Indonesia dan memulai prosesnya, termasuk mengurus pernyataan keinginan pindah kewarganegaraan di kedutaan,” lanjut Arya.

Baca Juga  Menteri Basuki Janji Kasih Rumah Atlet Peraih Medali Asian Games

Diharapkan, kedua pemain tersebut bisa segera datang ke Indonesia dalam waktu dekat, mengingat keterbatasan jadwal klub dan kebutuhan tim nasional.

Arya optimis bahwa keberhasilan proses naturalisasi ini akan meningkatkan kualitas Timnas Indonesia dan memberikan lebih banyak pilihan bagi pelatih Shin Tae-yong dalam menyusun strategi menghadapi lawan-lawannya di pentas internasional.

“Kami berharap proses ini berjalan lancar dan bisa selesai secepatnya, agar Timnas kita semakin kuat dengan tambahan dua pemain berkualitas ini,” tutup Arya.

Facebook Comments

Back to top button