Ototekno

Sindikat Pencurian STB XL Home di Sumut Dibongkar Polisi, Begini Modusnya

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menunjukkan komitmennya yang kuat dalam mengatasi kasus pencurian perangkat Set Top Box (STB) XL Home. Kejadian yang berlangsung di Medan dan Binjai, Sumatera Utara (Sumut) pada bulan Januari 2024 ini, telah menarik perhatian serius dari perusahaan telekomunikasi tersebut.

Berkat kerja sama erat dengan Polda Sumatera Utara, XL Axiata berhasil mendukung operasi penangkapan sindikat penipuan yang berpura-pura sebagai petugas XL Home. Sindikat ini melakukan penggelapan, penipuan, dan penadahan STB serta Optical Network Terminal (ONT) XL Home, merugikan perusahaan serta mengganggu pelayanan kepada pelanggan.

Kompol Bayu Putra Samara, S.I.K.,M.H, Kasubdit III Jatanras Polda Sumut, menyatakan bahwa penangkapan ini berawal dari laporan masyarakat yang mencurigai aktivitas penipuan oleh individu mengaku sebagai petugas XL Home. Berbekal bukti video dan koordinasi yang erat dengan tim XL Axiata, kepolisian berhasil mengamankan empat pelaku penggelapan dan seorang penadah barang curian.

“Laporan ini semakin kuat, karena adanya video saat petugas gadungan mengambil STB tersebut. Polda Sumut mengapresiasi tim dari XL Axiata yang turut berkoordinasi dengan kepolisian setempat begitu mengetahui terjadinya penipuan,” ungkapnya dalam keterangan persnya, Senin (1/4/2024).

Baca Juga  Program Pemberdayaan Masyarakat Pertamina Tampil di COP28 Dubai

Keempat tersangka ini diketahui menggunakan modus operandi yang cerdik, mendatangi rumah pelanggan dengan menunjukkan kartu identitas palsu dan mengaku perlu melakukan pengecekan pembayaran layanan. Mereka kemudian mengambil perangkat XL Home dan menghentikan layanan pelanggan yang belum melakukan pembayaran.

Para pelaku kini menghadapi ancaman hukuman yang berat, mencerminkan keseriusan pihak berwajib dalam menanggapi kejahatan semacam ini. Sementara itu, XL Axiata, melalui Reza Mirza, Group Head Corporate Communications, menyampaikan apresiasi kepada Polda Sumut atas respons cepat dan tindakan tegas mereka dalam menangani kasus ini.

Meskipun pelanggan XL Home tidak mengalami kerugian material secara langsung, tindakan kriminal tersebut telah mencoreng nama baik perusahaan dan mengganggu kepercayaan pelanggan. 

XL Axiata berkomitmen untuk melindungi pelanggan dari segala bentuk tindak kejahatan yang berkaitan dengan layanan telekomunikasi dan data, menghimbau pelanggan untuk segera melaporkan jika mencurigai adanya tindak kejahatan.

Facebook Comments

Back to top button