Ototekno

Sudah Meluncur di Thailand, Kapan Xpander Hybrid Masuk Indonesia?

Mitsubishi Motors resmi meluncurkan Xpander HEV dan Xpander Cross HEV di Thailand. Akankah varian bermesin hybrid yang tentunya lebih ramah lingkungan ini juga bakal segera hadir di Indonesia?

Presiden Direktur PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Atsushi Kurita menyebut pihaknya masih terus mengamati perkembangan mobil bermesin hybrid di Indonesia. Dia menuturkan, Xpander Hybrid lebih dulu mengaspal di Thailand karena pemerintah di sana memberikan insentif. Sementara di Indonesia belum.

“Di Thailand, ada beberapa kebijakan yang menguntungkan mobil hybrid. Sangat kompetitif dibanding mobil biasa. Untuk itu, kami akan melihat terlebih dahulu bagaimana progres mobil hybrid di Indonesia,” kata Kurita di sela-sela acara media gathering dan buka puasa bersama di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (1/4/2024).

Diketahui, Pemerintah Indonesia baru memberikan insentif kepada mobil bermesin listrik atau Battery Electric Vehicle (BEV), sedangkan untuk mobil bermesin hybrid alias Hybrid Electric Vehicle (HEV) masih dalam tahapan rencana. Dengan adanya insentif, maka harga jual mobil akan bisa lebih kompetitif.

Baca Juga  Usai Lepas Hijab, Zara Putri Ridwan Kamil Dituding Pro-Israel Buntut Pamer Makan McD

“Kapan kami akan bawa ke Indonesia, tergantung dari perkembangan mobil hybrid di sini. Saya tidak bisa katakan sekarang kapan bisa dibawa, setidaknya saya bisa katakan secara teknis. Kami menunggu arahan dari prinsipal dan permintaan dari masyarakat Indonesia,” ujar Kurita.

“Mitsubishi intinya sudah ready dengan hybrid dan hanya menunggu kapan waktu yang tepat,” imbuhnya.

Di Thailand, Xpander HEV dan Xpander Cross HEV menggendong mesin yang benar-benar baru. Jika Xpander dan Xpander Cross menggunakan mesin 1.500cc, maka versi hybrid-nya memanfaatkan mesin 1.600cc yang dikombinasikan dengan motor listrik dan baterai.

Mesin bensin 1.6 liter MIVEC itu memiliki tenaga maksimal 95 daya kuda dengan torsi maksimal 134 Nm. Total tenaga gabungan mesin dan motor listriknya mencapai 116 daya kuda dengan torsi maksimal 255 Nm.

Sistem hybrid-nya menggunakan baterai 1,1 kWh yang dikombinasikan dengan transmisi e-CVT. Tenaga disalurkan ke roda depan. Akselerasi dari 0-100 km/jam bisa dituntaskan hanya dalam 9,7 detik. Konsumsi bahan bakar rata-ratanya mencapai 19,2 km/liter.

Baca Juga  Istri Anies dan Cak Imin Silaturahmi ke Pesantren di Madura, Lantunan Selawat Menggema

Di pasar otomotif Thailand, Xpander HEV dan Xpander Cross HEV masih ditawarkan dengan harga peluncuran. Untuk Xpander HEV dijual dengan harga 912 ribu baht (sekitar Rp405 jutaan), sementara Xpander Cross HEV seharga 946 ribu baht (sekitar Rp420 jutaan).

Namun, harga promo itu hanya berlaku sampai 7 April 2024. Harga normalnya untuk Xpander HEV adalah 933 ribu baht (sekitar Rp414 jutaan), sedangkan Xpander Cross HEV seharga 961 ribu baht (sekitar Rp426 jutaan).

Facebook Comments

Back to top button